Kamis, 13 Oktober 2011

PEMROGRAMAN KOMPUTER


Nih, tentang pemograman komputer. :D materi yang ini sama kayak yg dikasih guru TIK saya waktu kelas X..

Program komputer adalah rangkaian kata perintah yang telah dimengerti oleh komputer untuk dikerjakannya. Kata-kata perintah tersebut membentuk suatu bahasa yang disebut dengan bahasa pemrograman. Sebagaimana bahasa pada manusia, bahasa pemrograman juga terdiri atas banyak macam bahasa, dan memiliki aturannya masing-masing. Sulitnya, komputer saat ini belum diberi hak inisiatif, sehingga jika ada sedikit saja kesalahan penulisan perintah oleh pemrogram, ia tidak mau memakluminya atau berusaha memperbaiki sendiri kesalahan tersebut. Serta merta ia “ngambek” dan tidak mau mengerjakan perintah-perintah lainnya. Komputer diciptakan melalui logika manusia, karenanya, ia bekerja secara logis, tanpa campur-tangan “perasaan.”
Pemrograman: menyusun langkah-langkah sistematis untuk mencapai suatu tujuan tertentuPemrogramanmerupakan salah satu kemampuan dasar manusia yang sudah ada bahkan sebelum ia
mengenal matematika/aritmetika 
Pemrograman Komputer: penyusunan perintah-perintah untuk dijalankan oleh komputer.
Perbedaan dengan pemrograman non komputer: komputer adalah benda mati yang BODOH namun
dapat bekerja dengan TERAMAT CEPAT sehingga program harus dibuat seteliti dan serinci mungkin.
KESALAHAN SEDIKIT pada pemrograman komputer berakibat KEGAGALAN.
PERLU adanya PENGUASAAN DASAR dalam menulis perintah-perintah dalam bahasa pemrograman
tertentu.

ALGORITMA
Algoritma di definisikan sebagai susunan langkah kerja (aspek logika proses) untuk menyelesaikan suatu masalah. Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa AL KHWARIZMI. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di masa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan
Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini.

Definisi Algoritma
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah LOGIS penyelesaian masalah yang disusun secara
SISTEMATIS dan TERPERINCI”.
Melaksanakan ALGORITMA berarti mengerjakan LANGKAH-LANGKAH di dalam Algoritma tersebut.
Pemroses (computer) mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya. Contoh
penerapan algoritma dalam kehidupan sehari-hari:
  • Juru masak membuat kue berdasarkan resep yang diberikan kepadanya.
  • Pianis memainkan lagu berdasarkan papan not balok.
Sejarah Singkat Pascal
  • Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland tahun 1971.
  • Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).
  • Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60).
  • Memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal, UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll.
  • Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen.
  • Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language).
Struktur Program Pascal
  • Judul Program (Program Heading) bersifat optional (boleh digunakan/tidak), tetapi sebaiknya digunakan karena mencantumkan nama program.
  • Blok Program (Program Block) atau Badan Program (Program Body), terdiri dari : 
    • Bagian deklarasi (Declaration Part) : untuk menyiapkan elemen-elemen program, seperti, seperti nama konstanta, variable, label, tipe, prosedur dan fungsi serta penggunaan unit.
    • Bagian Pernyataan (statement part) : untuk menunjukkan suatu tindakan yang akan dikerjakan oleh program. Diawali Begin dan diakhiri End..
    • Setiap akhir pernyataan diakhiri titik koma ( ; ), kecuali untuk nama label.
    • Akhir program diberi titik ( . ).



Identifier (Pengenal)
  • Adalah nama yang dibuat oleh programmer yang berfungsi sebagai nama pengenal dari suatu elemen program, seperti nama-nama untuk judul program, variable, konstanta, label, prosedur, fungsi, dll.
  • Syarat-syarat penamaan suatu identifier :
    1. Karakter pertama huruf
    2. Karakter kedua dan seterusnya boleh huruf, angka, garis bawah
    3. Tidak boleh menggunakan karakter khusus (kecuali. Garis bawah), seperti : . , - * / @ ! > % dsb
    4. Tidak boleh mengandung spasi/blank
    5. Panjang nama bebas, tetapi hanya 63 karakter awal yang signifikan
    6. Tidak boleh menggunakan kata yang sudah dipakai oleh pascal (reserved word)
Contoh :
Identifier yang Benar :
  • SegiTiga
  • Segitiga
  • Segi3
  • Segi_3
Identifier yang salah :
  • Segi Tiga
  • Segi 3
  • Segi-Tiga
Catatan : PASCAL tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil, jadi identifier berikut akan dianggap
sama : Segitiga, segitiga, SEGITIGA, SegiTiga, SeGiTiGa.

Reserved Word (Kata Tercadang)
  • Adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal dan mempunyai arti tertentu.
  • Kata-kata tersebut tidak boleh digunakan sebagai identifier (Pengenal).
Contoh : PROGRAM, BEGIN, END, IF, FOR, WHILE, REPEAT, WRITE, READ, dsb.

VARIABLE

Variable adalah data yang AKAN DIMANIPULASI oleh pemroses, dia harus berada didalam satu tempat,
dia harus punya nama pengenal(label) dan berisi satu jenis data / informasi. Di analogikan sebagai “WADAH DATA”.
Variabel adalah Suatu tempat di dalam memori komputer yang dapat menyimpan nilai/data yang berubah-rubah.

TYPE

Type menyatakan pola penyajian data dalam komputer.
SETIAP VARIABLE harus memiliki type tertentu.
Type variable berdasarkan data yang dikandungnya
1. Variable Numeric : berisi angka / bilangan
BULAT => INTEGER
dalam PASCAL type bilangan bulat dibagi menurut jangkauan yang diizinkan :

PECAHAN => REAL / FLOAT
dalam PASCAL type bilangan pecahan dibagi menurut jangkauan yang diizinkan :


2. Variable Alfanumerik => berisi rangkaian huruf atau lambang
    KARAKTER => CHAR {hanya berisi sebuah karakter}
    STRING {dapat berisi lebih dari satu karakter /deretan karakter}
3. Variable Logika (BOOLEAN): berisi nilai benar atau salah (True/False)

Menentukan type variable
Variable yang digunakan dalam program harus ditentukan dahulu type-nya pada bagian deklarasi. Untuk
mendeklarasikan variabel digunakan kata “var” kemudian namavariabel:typevariabel.
Contoh
Program contoh_variabel;
Var
nama:string;
angka : integer;
sikap : char;
nilai : byte;
nilai_rata_rata : real;

Statement
Statement/pernyataan disebut juga ekspresi adalah operasi penugasan terhadap sebuah variabel.
Dalam PASCAL tanda titikdua samadengan “:=” digunakan untuk memasukan nilai kedalam sebuah
variabel. Setiap akhir statement diakhiri tanda titik koma “;”.
Contoh
nilai := 75;
nama := ‘Sigarantang’;
sikap := ‘A’;
nilai_rata_rata := 75.25;

Operator-operator yang dapat digunakan terhadap
variable
1. Operator Aritmatika : +, -, / , * , mod, div, sqr, sqrt, abs, Dll.
Contoh :
angka := 5 mod 2; {= 1 (MOD = sisa bagi bilangan bulat)}
B := 5 div 2; {B = 2 (hasil bagi) }
C := sqrt(9); { C = 9 = 3 }
X := sqr(5); { X = 52 = 25}
2. Operator Trigonometri : sin, cos, arcsin dll.
Contoh :
alfa := sin(beta*5);
3. Operator Logika : NOT, AND, OR, XOR.
Contoh :
A := true; B := False;
C := (NOT (A AND B)) OR A;
4. Operator Alfanumerik (penggabungan [+], pengambilan karakter [substring], length dll).
5. Operator Relasional / Perbandingan : <, <=, >, >=, =, <>.

Daftar Literatur
- http://ilmukomputer.com
- http://www.toki.or.id
- Rohiman, Pemrograman dengan Pascal Turbo, Edisi Perbaikan, Bandung, 1992.
- Tati HM, S.Si, Modul kuliah Algoritma dan Pemrograman, Bandung 2002.
- Dll

bisa download materinya disini  :D

kalau mau 

0 komentar:


-Ty's Blog- © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute